Melalui Musyawarah, PW Mushida Lampung Siap Menjalankan Amanah

26 Februari 2021

Oleh : Arsyis Musyahadah

mushida
Melalui Musyawarah, PW Mushida Lampung Siap Menjalankan Amanah

Pengurus Wilayah Mushida Lampung menyelenggarakan acara Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 21 Februari 2021 di Kampus Madya Hidayatullah, Lampung Tengah. Acara ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. 

Konsep dalam surah Al-‘Alaq berisi bagaimana proses kejadian manusia. Manusia amat rendah di hadapan Tuhan-Nya. Tak ada celah manusia bisa menyombongkan diri. Dalam surah Al-‘Alaq ayat 3, Allah menyebut Al-Akram yang artinya Yang Maha Mulia bukan Al-Kariim Yang Mulia. Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPW Hidayatullah Lampung, Rusydi Hidayat saat menyampaikan sambutannya. 

“Ukuran keberhasilan seorang pemimpin adalah yang memiliki iman yang kuat. Kalau seorang pemimpin sudah ber-Al-‘Alaq, maka ia hanya memiliki ketergantungan kepada Allah, bukan kepada yang lain,” terangnya di hadapan kurang lebih 30 orang peserta yang hadir, yang terdiri dari utusan PP Muslimat Hidayatullah, PW Mushida Lampung, istri sruktural DPW, BMH, Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Lampung, dan PD (Pengurus Daerah) se-Lampung. 

Menurutnya, pengurus harus siap dikritik untuk mencapai hasil yang memuaskan. Beliau berpesan, jangan menyebar racun dengan mengungkapkan menyebarkan kalimat negatif. Tetapi ungkapkan kalimat yang positif, sebarkan hal-hal yang baik.  

“Hindari kalimat negatif. Jauhi rasa pesimis. Kita harus menyambut segala sesuatu dengan optimis lima tahun ke depan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik,” tutupnya mengakhiri sambutan.

Di antara rangakaian acara dalam kegiatan ini ialah pengukuhan Majelis Murobbiyah dan Pengurus Wilayah Lampung. Diputuskan dan ditetapkan, Popon Nur Hasanah sebagai Ketua Majelis Murobbiyah Wilayah dan Susanti sebagai Ketua Pengurus Wilayah Lampung.

Dalam penyusunan PW Mushida Lampung, tim formatur juga telah meminta restu kepada pihak DPW Hidayatullah Lampung.

“Kami memohon dukungan dan kerja sama dari semua pengurus untuk saling bahu-membahu menyukseskan amanah-amanah keummatan yang diemban. Amanah ini sungguh berat, tetapi jika dilaksanakan bersama-sama, dan dengan pertolongan Allah, kita akan mampu menjalankan amanah ini dengan baik,” ucap Susanti saat memberikan sambutannya sebagai Ketua PW Mushida Lampung periode 2020-2025.

Lanjutnya, Provinsi Lampung ini memiliki potensi yang sangat besar yang harus mampu dimaksimalkan. Semua kader Mushida harus mampu bergerak selaras dan seirama agar mampu melewati segala rintangan yang ada.

“Tentunya dalam perjalanan nanti akan ada perbedaan pendapat dan lain sebagainya, namun hal itu jangan sampai menyebabkan terhambatnya amanah-amanah ini. Insya Allah, semuanya akan terselesaikan melalui musyawarah,” pungkasnya.

Musyawarah wilayah (Muswil) Muslimat Hidayatullah diselenggarakan untuk menghasilkan mufakat dan kemaslahatan umat. Pelaksanaan Musyawarah Wilayah selain dalam rangka mengukuhkan pengurus baru dan menghasilkan kebijakan, forum ini juga diharapkan dapat mempererat ukhuwah dan meningkatkan semangat juang para kader demi mencapai visi misi Muslimat Hidayatullah. */Arsyis Musyahadah