Muswil Mushida Banten: Semangat Berdakwah Dengan Meningkatkan Pemahamaan Kelembagaan

08 Februari 2021

Oleh : Arsyis Musyahadah

mushida

Pengurus Wilayah Mushida Banten mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswil) mandiri untuk pertama kali pada Sabtu-Ahad, 6-7 Februari 2021 bertepatan dengan 25-26 Jumadil Akhir 1442 H. Acara tersebut diselenggarakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Serang, dihadiri oleh sedikitnya 30 peserta, dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Muswil Mushida Banten resmi dibuka oleh Ketua DPW Hidayatulah Banten, Ahmad Maghfur, M.Pd.I.

Beliau mengingatkan tentang pentingnya meningkatkan pemahaman kelembagaan dan kesolidan antar sesama pengurus terpilih.

“Tingkatkan pemahaman kelembagaan melalui halaqoh ta’lim. Jika sudah memahami kelembagaan dengan baik, maka para ummahat bisa all out dalam mendukung perjuangan suami,” jelasnya.

Selain itu, beliau menambahkan bahwa setiap kebaikan dan kiprah yang dikerahkan diniatkan untuk mendukung cita-cita Hidayatullah dalam membangun peradaban Islam. 

Dalam Muswil tersebut, dilakukan pelantikan Majelis Murobbiyah dan Pengurus Wilayah Banten. Diputuskan dan ditetapkan, Endah Nurdiati, S.Sos., sebagai Ketua Majelis Murobbiyah Wilayah Banten dan Maratus Sa’adah sebagai Ketua Pengurus Wilayah Banten. 

Tim formatur juga telah meminta restu kepada pihak DPW Hidayatullah Banten dalam penyusunan PW Mushida Banten.

Dalam sambutannya, Maratus Sa’adah selaku ketua terpilih PW Mushida Banten periode 2020-2025 mengungkapkan perlunya bergandengan tangan dalam menjalakan program organisasi. Karena hal ini merupakan orientasi akhirat.

Beliau menuturkan tentang kiat menjalankan organisasi yang syar’i dengan 3M, yaitu perlunya musyawarah, mujahadah, dan munajat. 

“Musyawarah untuk menghasilkan keputusan terbaik. Maksimalkan mujahadah dan kesungguhan dalam menjalankan program organisasi. Setelah mujahadah, kita bermunajat dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah. Semua rencana tidak akan terlaksana jika tidak melibatkan Allah,” terang Maratus Sa’adah.

Sebagai informasi, PW Mushida Banten telah bediri sejak tiga tahun lalu, sebelumnya tergabung pada PW Mushida Jabar. Karena awal perintisan, penetapan kepengurusan PW Mushida ditetapkan oleh DPW Hidayatullah Banten. Namun tahun ini, PW Mushida Banten sukses menyelenggarakan Muswil secara mandiri.

Penutupan Muswil Mushida Banten turut dihadiri oleh Anggota Majelis Penasehat Pusat, Anggota Majelis Murobbiyah Pusat, dan Ketua Umum PP Muslimat Hidayatullah. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian cenderamata dari PW Mushida Banten kepada PP Muslimat Hidayatullah.

Musyawarah wilayah (Muswil) Muslimat Hidayatullah bukan hanya semata-mata menentukan ketua dan pengurus wilayah. Pelaksanaan Muswil selain dalam rangka mengukuhkan pengurus baru dan menghasilkan kebijakan, forum ini juga diharapkan dapat mempererat ukhuwah dan meningkatkan semangat juang para kader demi mencapai visi misi Muslimat Hidayatullah. */Arsyis Musyahadah