Orientasi Pengurus Tingkat Wilayah dan Daerah Mushida: Pertajam Visi Misi Organisasi

11 April 2021

Oleh : Arsyis Musyahadah

mushida
Orientasi Pengurus Tingkat Wilayah dan Daerah Mushida: Pertajam Visi Misi Organisasi

Ketua Departemen Organisasi PP Muslimat Hidayatullah mengadakan kegiatan Orientasi Pengurus Tingkat Wilayah & Daerah Muslimat Hidayatullah secara virtual, pada Jum’at-Sabtu, 9-10 April 2021/26-27 Sya’ban 1442 H. 

Muslimat Hidayatullah merupakan salah satu organisasi pendukung Hidayatullah. Orientasi pengurus Mushida di tingkat wilayah, dan daerah bertujuan untuk menyatukan visi misi dalam berorganisasi. Sebagaimana firman-Nya,

Sesungguhnya Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. An-Nisa’: 58)

“Harapannya, dengan diadakannya orientasi ini, pengurus Mushida menjadi semakin solid dan bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan program,” tutur Hapseni Dirwan selaku Ketua Departemen Organisasi PP Mushida sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara.

Menurutnya, meski fasilitas kurang memadai, namun hal itu tidak menjadi penghalang. Ummahat Muslimat Hidayatullah diimbau untuk tetap menjaga semangat dan meningkatkan kualitas diri dalam menjalankan program kerja di periode ini.

Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Peran Pengurus Terhadap Penajaman Visi Misi Organisasi,” ini digelar secara virtual dan diikuti oleh seluruh Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) Muslimat Hidayatullah se-Indonesia.

“Visi Mushida ialah membangun keluarga Qur’ani menuju peradaban Islam. Untuk menajamkan visi tersebut, maka diperlukan enam misi,” terang Ketua Umum PP Mushida, Ustadzah Hani Akbar S.Sos.I dalam menyampaikan sambutannya di hadapan peserta yang hadir.

Enam misi Mushida tersebut yaitu:

Melahirkan kader-kader muslimat yang berkualitas 

Mewujudkan keluarga Qur’ani

Mewujudkan kekuatan muslimat dalam bidang pendidikan, dakwah,  sosial, ekonomi dan lain- lain secara profetik dan profesional

Membangun sinergi dengan komponen umat Islam dalam gerakan amar ma’ruf nahi munkar.

Membangun komunitas Islami

Mengajak pemerintah dan segenap bangsa Indonesia untuk mewujudkan NKRI yang bermartabat

“Kegiatan orientasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan peran pengurus dalam penajaman visi misi tersebut. Selamat mengikuti orientasi dan menimba ilmu dengan bersungguh-sungguh. Karena sesungguhnya tidak ada ilmu tanpa bersungguh-sungguh,” pungkasnya.

Orientasi ini diisi beberapa materi yang disampaikan oleh Ketua DPP Hidayatullah, Ketua Bidang Organisasi DPP Hidayatullah, Ketua Departemen Sumber Daya Insani DPP Hidayatullah, dan Pengurus Pusat Muslimat Hidayatullah.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat bagi pengurus dalam melaksanakan tugas,” ujar Ketua PW Banten, Mar’atussa’adah dalam menyampaikan pesan dan kesannya sebagai peserta orientasi.

“Kegiatan semacam ini harus sering-sering diadakan, untuk mengisi amunisi ruhiyah para kader, sehingga kami menjadi semangat dalam menjalankan amanah,” ucap Ketua PW Maluku, Nur Fitriani, dalam menyampaikan testimoninya tentang kegiatan ini.

Dari kegiatan orientasi yang dilaksanakan selama dua hari ini, diharapkan para pengurus lebih solid dalam mewujudkan visi dan misi organisasi bersama. Seluruh materi yang diterima, akan menjadi bekal ilmu sebelum melaksanakan program kerja yang telah direncanakan.