DMU PW Mushida Sulawesi Barat: Mencetak dan Meningkatkan Kualitas Kader Muslimat Hidayatullah Menuju Keluarga Qur’ani

14 September 2021

Oleh : Admin Mushida

mushida
DMU PW Mushida Sulawesi Barat: Mencetak dan Meningkatkan Kualitas Kader Muslimat Hidayatullah Menuju Keluarga Qur’ani

Pengurus Wilayah (PW) Mushida Sulawesi Barat menggelar Daurah Marhalah Ula bertempat di Aula Kampus Madya YPCM Hidayatullah Mamuju (3-5/9/21).

Program tersebut terselenggara atas kerja sama seluruh Pengurus Daerah (PD) serta dukungan penuh dari organisasi induk, YPCM dan BMH. Kegiatan yang mengangkat tema “Mencetak dan Meningkatkan Kualitas Kader Muslimat Hidayatullah Menuju Keluarga Qur’ani” ini diikuti oleh 34 peserta dan menghadirkan tiga orang pemateri. Yaitu, Ustadz Abdurrahman Hasan, S.Pd.I (DMW Sulbar), Ustadzah Miftah Assa’adah, S.Pd.I (Instruktur Nasional Mushida) dan Ustadzah Emilyasari, S.H.I (MMW Sulbar)

Hadir Ketua Yayasan Pendidikan Cerdas Mandiri (YPCM) Hidayatullah Mamuju, Ustadz Najamuddin, M.Pd. Beliau memberikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi. Beliau mewakili Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat. Dalam sambutannya, beliau menekankan perlunya loyalitas, integritas dan pengorbanan seorang kader kepada organisasi dan kepemimpinan.

“Pertama, kepemimpinan dalam sebuah organisasi dalam istilah internal Hidayatullah yaitu imamah jama’ah harus diaplikasikan dalam keseharian kita. Yang kedua, bagaimana menjaga ukhuwah serta mujahadah dalam upaya mengupgrade pemahaman kelembagaan. Yang ketiga, adalah bagaimana untuk kemudian bisa lebih aktif lagi dalam berhalaqah.”

Ustadz Najam, begitu biasa dipanggil menambahkan pula, bahwa Muslimat Hidayatullah (Mushida) harus mampu memberi penguatan visi Mushida. Yaitu, bagaimana membangun keluarga Qur’ani yang dimulai dari rumah masing-masing.

Sebab, dengan memulai dari rumah dengan sendirinya anak-anak dan anggota keluarga lainnya dapat tersentuh dan mentransformasikan nilai-nilai al-Qur’an dalam diri dan keluarga.

Turut memberikan sambutan dalam acara pembukaan tersebut Ketua Pengurus Wilayah (PW) Mushida Sulawesi Barat sebagai penyelenggara, Ustadzah Salbiana, S.Pd. “Pengurus Wilayah Mushida Sulbar menggelar Daurah Marhalah Uula untuk yang pertama kalinya dalam kepengurusan kami. Alhamdulillah, kita berdoa semoga daurah ini berjalan lancar dan sukses, tanpa ada kendala yang berarti,” pungkasnya

Ketua Pengurus Daerah Mushida Mamuju sebagai shahibul bait Ustadzah Siti Ramlah menyambut baik pelaksanaan Daurah Marhalah Uula ini. “Terima kasih yang setinggi-tingginya karena Pengurus Wilayah sudah memberikan kepercayaan dan amanah kepada kami. Yang kedua, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya sekiranya ada hal-hal yang kurang berkenan,” harap beliau dalam sambutannya.

PW Mushida Sulbar dalam daurah kali ini mampu menghadirkan tidak kurang dari 34 peserta. Mereka berasal dari Mushida Kabupaten se-Sulawesi Barat. Dalam waktu yang bersamaan pula Pengurus Pusat Mushida juga menyelenggarakan kegiatan serupa yaitu Daurah Murabbiyah Wustha yang bertempat di lantai 2 gedung dakwah Hidayatullah, Cipinang, Jakarta.*/

*Yani, PW Sulawesi Barat