Upgrading Instruktur Parenting 1 Muslimat Hidayatullah

26 Desember 2021

Oleh : Admin Mushida

mushida
Upgrading Instruktur Parenting 1 Muslimat Hidayatullah

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

Hidayatullah memiliki visi Membangun Peradaban Islam. Untuk mencapai visi yang mulia tersebut, harus dimulai dari individu dan keluarga. Keluarga sakinah, mawaddah, warohmah hanya dapat diwujudkan dengan adanya kesamaan visi individu suami-isteri di dalam membangun rumah tangga.

Untuk mewujudkan keluarga seperti ini diperlukan kesungguhan suami-istri untuk belajar menjadi orang tua yang arif dan bijaksana. Sehingga nantinya dapat mengantarkan keturunannya menjadi generasi Qur’ani, generasi yang siap menjadi hamba Allah dan khalifah Allah di muka bumi.

Pengurus Pusat Muslimat Hidayatullah mengajak para orang tua Indonesia menjadi orang tua yang baik, bijak dan cerdas melalui program training parenting jenjang 1 dan 2.

Pengurus Pusat Muslimat Hidayatullah secara berkala telah melaksanakan kegiatan Training of Trainers (ToT) Parenting guna menyiapkan para instruktur parenting. Untuk memaksimalkan dan meningkatkan kualitas para instruktur parenting, maka perlu diadakan kegiatan Up Grading Intruktur Parenting 1.

Up Grading Instruktur Parenting adalah sebuah kegiatan untuk para instruktur Wilayah Training Parenting Jenjang 1 yang diselenggarakan oleh Bidang Pelayanan Ummat. Kegiatan ini diikuti oleh instruktur Wilayah (berdasarkan SK Instruktur) dan mendapatkan rekomendasi dari PP Mushida.

Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual pada 18-25 Desember 2021 dengan tema, “Meningkatkan Kualitas Instruktur Parenting, Demi Mewujudkam Peradaban Islami dalam Keluarga.”

Di antara materi yang harus dipresentasikan oleh masing-masing peserta ialah

  1. Peran dan Fungsi Suami Istri
  2. Membangun Komunikasi Produktif
  3. Ibu adalah Madrasah Pertama bagi Anak
  4. Memuliakan Tamu dan Tetangga
  5. Mendidik Anak di Era Digital
  6. Pembentukan Karakter Keluarga sesuai SW

Harapannya, peserta Up Grading Instruktur Parenting Jenjang 1 dapat me-refresh materi-materi Training Parenting 1 dan nantinya Peserta kegiatan ini dapat dilantik dan di-SK-kan kembali menjadi instruktur Parenting Jenjang 1 untuk wilayah masing-masing.