Sinergi PP Mushida dan Hidayatullah Institute Gelar Pelatihan Kepemimpinan Muslimat Hidayatullah Se-Indonesia

04 Maret 2024

Oleh : Admin Mushida

mushida
Sinergi PP Mushida dan Hidayatullah Institute Gelar Pelatihan Kepemimpinan Muslimat Hidayatullah Se-Indonesia

Lembaga pendidikan dan pelatihan Hidayatullah Institute (HI) di bawah Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah bekerja sama dengan PP Muslimat Hidayatullah menggelar Pelatihan Kepemimpinan Muslimat Hidayatullah (Leadership Training) yang digelar pada 28 Februari-3 Maret 2024 di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Cipinang, Jakarta.

Pelatihan Kepemimpinan Muslimat Hidayatullah Batch 1 dengan tema “Kepemimpinan Manhaji: Visioner, Progresif, dan Harmonis” ini diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari 14 Pengurus Pusat Muslimat Hidayatullah dan 30 Ketua Pengurus Wilayah Muslimat Hidayatullah se-Indonesia.

Direktur Hidayatullah Institute, Muzakkir Usman, Ph.D., menyampaikan apresiasinya terhadap peserta yang mengikuti kegiatan ini. Pelatihan kepemimpinan untuk para Ketua Pengurus Wilayah ini akan memberi perhatian terhadap progresivitas dalam mengelola organisasi dan kemampuan mengimplementasikan konsep kepemimpinan Islam.

“Semoga apa yang telah disampaikan oleh para trainer dapat menjadi bekal di tempat daerah masing-masing. Terimah kasih kepada Muslimat Hidayatullah yang telah mempercayakan Hidayatullah Institute sebagai penyelenggara acara,” ucapnya dalam sambutan yang disampaikan.  

Dalam kesempatan ini, Hidayatullah Institute memberikan penghargaan kepada peserta atas pencapaian kedisiplinan terbaik 100%. Diketahui bahwa penghargaan ini hanya diberikan kepada tiga angkatan dari sembilan angkatan yang telah mengikuti pelatihan kepemimpinan Hidayatullah Institute.

Pelatihan Kepemimpinan Muslimat Hidayatullah merupakan bagian dari konsolidasi yang harus dikuatkan untuk membentuk pemimpin yang dapat merancang desain organisasi dan melakukan transformasi organisasi.

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Muslimat Hidayatullah resmi ditutup pada (3/3) oleh Ketua Umum DPP Hidayatullah, Dr. Nashirul Haq, Lc., M.A.

“Tujuan pelatihan ini untuk membangun pola pikir. Teori akan cepat hilang tanpa dipraktikkan. Diperlukan juga mengembangan kompetensi diri. Orang-orang yang sukses pernah menjalani hidup yang sulit. Begitu juga yang dialami oleh Rasulullah sebagai pemimpin. Hidayatullah terus berupaya melakukan regenerasi karena memberi kesempatan bagi generasi selanjutnya,” terangnya.

Rasulullah bersabda,

“Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan berbuat baik dalam segala sesuatu.” (H.R Muslim)

“Dalam hadits ini disebutkan bahwa ihsan ialah melakukan sesuatu dengan sempurna. Hikmahnya agar kita dapat mengelola organisasi yang baik dan tidak asal-asalan,” imbuhnya.

“Hidayatullah Institute mendidik kami untuk menjadi disiplin. Selama lima hari kami mendapatkan ilmu yang baik. Materi bukan hanya menjadi catatan. Mengikuti pelatihan pun bukan hanya mendapat sertifikat. Kami berharap bisa di wilayah masing-masing bisa diinplementasikan. Karena amanah kepemimpinan ini akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah,” sebut Tri Wahyu Prihatin, Ketua Pengurus Wilayah Muslimat Hidayatullah Jawa Tengah, dalam menyampaikan kesan selama mengikuti pelatihan.

Modul Pelatihan Kepemimpinan terdiri dari Islamic Leadership, Organizational Design, Project Management, Networking, Human Capital Management. Untuk memperkuat networking, pada (2/3) peserta Pelatihan Kepemimpinan  mengunjungi Elzatta store di Cawang, Jakarta Timur dan Yayasan Pesantren Al-‘Ashriyyah Nurul Iman, Parung, Bogor.