Muslimat Hidayatullah Balikpapan Adakan Pengobatan Bekam Gratis

05 Januari 2017

Oleh : admin

mushida

BERSINERGI dengan Badan Eksekutif Mahasiswi (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Putri, Muslimat Hidayatullah (Mushida) Wilayah Khusus Gunung Tembak Balikpapan mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos), baru-baru ini.

Baksos ini berupa pengobatan gratis bekam secara massal di tengah masyarakat Salok Api, Samboja, Kab. Kutai Kartanegara.

Pengobatan massal yang bertajuk “Sehat Bersama Sunnah” itu dihadiri lebih dari ‎‎40 orang.

Mereka kebanyakan berusia lanjut usia (lansia) dan merupakan anggota Majelis Taklim binaan Mushida.

Ibu-ibu pasien tampak antusias berobat ala “Sunnah Nabi” yang turut didukung oleh Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) tersebut. Hal itu terbukti dari respon mereka dan rela menunggu antrian untuk dibekam.

Diketahui, bekam atau hijamah adalah salah satu pengobatan yang diajarkan oleh Nabi. Caranya, dengan mengeluarkan darah kotor dari tubuh seseorang yang dianggap berpontensi jadi sumber penyakit.

“Harapannya, ke depan mahasisiwi STIS bisa menggelar ‎baksos kembali dengan persiapan yang lebih maksimal. Kalau perlu digilir ke seluruh daerah binaan Majelis Taklim Mushida di kota Balikpapan,” Ujar ‎Rohana, seorang peserta baksos. ‎

Disebutkan, tujuan kegiatan baksos untuk terus menguatkan peran kemasyarakatan para muslimat serta menjadi ajang pembiasaan bagi mahasiswi dalam melakukan pengabdian di masyarakat.

Selain itu, untuk melatih skill sebagian mereka yang tergabung ‎dalam PSM (Pengembangan Skill Mahasiswi) Thibbun Nabawi. Sebuah program pembinaan dari Departemen Pendidikan BEM STIS Putri.

“Selain untuk pengobatan dan kesehatan, keahlian “Thibun Nabawi” mahasiswi juga bisa dimanfaatkan untuk sarana dakwah di masyarakat nantinya,” papar ‎Istiqomah selaku Ketua Departemen Pendidikan BEM STIS Putri.‎

“Alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu masyarakat secara langsung. Semoga kami terdorong makin tekun belajar Thibbun Nabawi,” ucap  Shofiyyah Latifah, mahasiswi yang aktif di PSM Thibbun Nabawi.*/ Istiqomah