Departemen Ekonomi PP Mushida Selenggarakan Webinar Tentang Kiat Sukses Jualan Online

22 Oktober 2024

Oleh : admin

mushida
Departemen Ekonomi PP Mushida Selenggarakan Webinar Tentang Kiat Sukses Jualan Online

Jualan online dengan memiliki produk sendiri atau menjadi reseller saat ini menjadi salah satu pilihan bisnis yang banyak diminati. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi digital yang semakin memudahkan pemilik bisnis untuk berjualan di berbagai platform online.

Departemen Ekonomi PP Mushida mengadakan webinar dengan tema “Praktik Jualan Online Laris Manis Lewat HP” pada Sabtu, 19 Oktober 2024 yang diikuti oleh Pengurus dan Anggota Muslimat Hidayatullah lebih dari 80 peserta. Webinar ini diadakan bekerja sama dengan Big Brand, unit usaha yang terafiliasi dengan Perusahaan B erl Cosmetics.

“Harpannya sama-sama memberikan keuntungan dari kedua belah pihak dari Muslimat Hidayatullah dan B erl Cosmetic. Untuk ummahat semua, jangan melewatkan kesempatan yang tidak datang dua kali. Maka manfaatkan waktu ini untuk mengikuti webinar dengan baik,” ucap Neny Setiawaty, Kabid Pelayanan Umat PP Mushida dalam sambutan yang diberikan.

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari orang lain, dengan mengambil keuntungan beberapa persen dari harga produk yang asli.

Hal tersebut disampaikan oleh Eggie Budiawan, seorang sales fundamental.

“Sebelum menjadi reseller, kita harus memahami produk yang dimiliki, siapa calon pembeli, para kompetitor, kekurangan dan kelebihan produk sendiri atau produk kompetitor,” sebutnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan reseller gagal ialah kurang memahami hal esensi daari brand, bisnis, dan produknya. Mindset yang harus dimiliki reseller ialah menyediakan solusi dari kesulitan, kebutuhan, dan keinginan, serta harapan dari calon customer.

“Contohnya kita berjualan untuk membantu orang lain yang memiliki penyakit diabet untuk mengkonsumsi produk yang kadar gulanya rendah,” ungkapnya.

Sebagai informasi, 221 juta penduduk Indonesia melek smartphone. Pengguna sosial media terbanyak ialah WhatsApp dan Instagram. Manfaatkan sosial media untuk berjualan dengan membuat katalog produk, membubuhkan kalimat yang menunjukkan ketertarikan pada suatu produk, dan membuat konten.

“Dorong calon pembeli anda untuk berpikir yes, yes, dan yes,” imbuhnya.

Teknik sales presentation dapat dilakukan dengan membangun keunggulan produk, memunculkan resiko jika tidak menggunakan produk tersebut, memberi harga normal, dan harga promo. Dengan teknik tersebut, diharapkan bisa closing.

Pada webinar ini juga dipaparkan keunggulan produk FitoZlim, produk minuman diet pertama di Indonesia yang mengandung berbagai khasiat, dapat menyembuhkan penyakit maag, dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

“Semoga webinar ini bermanfaat untuk ummahat dalam mengembangkan wawasan tentang seller mindset, mengetahui keuntungan menjadi reseller, dan meningkatkan skill berjualan dan closing,” ujar Ina Sriwahyuni, Ketua Departemen Ekonomi PP Mushida.