Sambut Ramadhan 1438, Muslimat Hidayatullah Gunung Tembak Gelar Lomba Kebersihan

15 Mei 2017

Oleh : admin

mushida

BALIKPAPAN – Pengurus Muslimat Hidayatullah Daerah Khusus Gunung Tembak menggelar lomba kebersihan rumah dalam rangka memyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1438, baru baru ini, Ahad (15/07/2017).

Acara yang diikuti 3 kawasan rukun tetangga (RT) ini mengangkat tema “Dengan Jiwa dan Lingkungan Bersih, Kita Sambut Bulan Ramadhan”.

Acara ini diselenggarakan di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak Balikpapan beralamat di Jalan Mulawarman, Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur, yang mencakup RT. 25, 26 dan 27.

“Kegiatan ini merupakan program dari Departemen Sosial PD Mushida Gunung Tembak yang dicanangkan setiap tahun. Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi setiap individu muntuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya”, terang Juwairiyah selaku ketua Departemen Sosial Mushida Gunung Tembak.

Juwairiyah mengatakan, kebersihan lingkungan merupakan salah satu refleksi iman. Hal itu, terang dia, senada dengan sabda Nabi bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Jika para sahabat Nabi menyiapkan diri lahir dan batin  sejak enam bulan sebelum Ramadhan tiba, maka belum terlambat jika kita juga demikian,” tutur Juwairiyah.

Juwairiyah menambahkan pihaknya mengharapkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan rumah-rumah yang ada di Kampus Gunung Tembak dapat menjadi cermin bagi masyarakat bahwa Islam itu identik dengan bersih, indah, damai, aman, dan nyaman. Serta dapat menjadi miniatur dari peradaban mulia yang berusaha kita wujudkan bersama Hidayatullah.

“Sehingga ketika orang bertanya seperti apakah peradaban Islam yang mulia itu, maka kita bisa menunjukkan, Gunung Tembaklah tempatnya sebagai induk dari lahirnya kampus-kampus Hidayatullah di seluruh Indonesia”, Pungkas Juwairiyah.

Dalam kegiatan ini tim penilai terdiri dari para Ibu senior lembaga dan pengurus Muslimat Hidayatullah Gunung Tembak.

Salah satu anggota tim peniai, Rosmala Dewi, mengatakan respon dari ummahat terhadap kegiatan ini patut diapresiasi.  Dia mengatakan semua ummahat yang terdiri dari tiga RT menyiapkan diri dan rumahnya untuk diinspeksi oleh tim penilai.

“Bahkan ada yang berbagi pot bunga dengan tetangga sebelah rumah demi rumahnya agar terlihat asri,” terang Rosmala Dewi, yang salah seorang senior lembaga ini.

Senada dengan itu, panitia acara yang juga anggota Departemen Sosial PD Mushida Gunung Tembak, Rasyidah, mengatakan himbauan masalah kebersihan lingkungan ini selalu dilakukan oleh Departemen Sosial setiap pekan  dan dikaver dengan lomba kebersihan rumah dan lingkungan menjelang Ramadhan setiap tahunnya.

“Mari kita sambut bulan suci Ramadhan tahun ini dengan lingkungan dan jiwa yang bersih. Allahuma Ballighna Ramadhan,” kata Rasyidah memungkasi. (PD Mushida Gutem)