Masyarakatkan Al Quran, PP Mushida Gelar TOT Grand MBA

28 Oktober 2019

Oleh : admin

mushida

DEPOK – Dalam rangka melahirkan tenaga pengajar dalam menunjang upaya pengembangan baca tulis Al Quran di masyarakat, Pengurus Pusat Muslimat Hidayatullah menggelar kegiatan Training for Trainer (TOT) dengan mengangkat tema “Mencetak Muallimat Grand MBA yang Memiliki Kompetensi Dalam Bidang Al Quran”, diselenggarakan di kota Depok, Jawa Barat, 24-28 Shafar 1441 H (23-27 Oktober 2019).

Dalam kegiatan yang digelar intensif selama lima hari ini, sebanyak 67 peserta perwakilan daiyah Muslimat Hidayatullah dari seluruh Indonesia menerima materi Gerakan Nasional Dakwah Mengajar dan Belajar Al Quran (Grand MBA).

Grand MBA sendiri merupakan metode pembelajaran Al Quran yang diinisiasi oleh Hidayatullah yang selanjutnya dikembangkan oleh Posdai melalui Majelis Quran Hidayatullah (MQH).

Dalam muatannya, Grand MBA memuat sejumlah tahapan diantaranya mengenal makhrajul huruf, shifat huruf, sampai kaidah tajwid. Dalam kegiaan kali ini peserta mendapatkan materi Grand MBA tentang panduan cara cepat belajar Al Qur’an dengan metode 8 jam dengan durasi 1 jam setiap pertemuan.

Panitia acara Ustadzah Hapseni Dirwan mengatakan dengan program pembelajaran Al Qur’an metode Grand MBA diharapkan lahir lebih banyak lagi muallimat yang kelak menjadi duta pengajar dalam pemberantasan buta huruf Al Quran di masyarakat.

“Harapannya, semakin banyak muallimat yang mengajak ummat agar kembali kepada Al Quran, memudahkan mereka untuk  mengenalkan Islam lebh baik lagi. Kita semua adalah daiyah mari bersama-sama untuk kembali menyeru kepada Allah dalam segala keadaan karena semuanya akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah nantinya,” kata Hapseni yang juga Ketua Departemen Dakwah PP Mushida ini.

Peserta pun sangat antusias dalam mengikuti training yang diikuti oleh para ibu in dan berharap sekembali ke daerah mereka dapat mempraktikkan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti pelatihan.

Acara ini terselenggara atas dukungan dari berbagai pihak diantaranya Posdai, Laznas BMH, Wardah Kosemtik, Majalah Sahid, Sahabat Siroh, Ummu Maryam Collection, Roti Naylifia dan lain-lain.[]

DOKUMENTASI