Optimalkan Ramadhan Dengan Tiga Kunci Kesuksesan

02 April 2022

Oleh : admin

mushida
Optimalkan Ramadhan Dengan Tiga Kunci Kesuksesan

Ramadhan adalah bulan mulia. Allah menghendaki hamba-Nya untuk dapat bertemu kembali dengan bulan penuh ampunan ini. Sebagai rasa syukur, seorang Muslim hendaknya tidak menyia-nyiakan pahala dengan selalu meningkatkan ibadah pada bulan Ramadhan.

Dalam maklumatnya, Pemimpin Umum Hidayatullah K.H Abdurrahman Muhammad menyampaikan bahwa pada Ramadhan kali ini kita dapat memasang tekad, menetapkan target yang maksimal dengan mencanangkan tiga target kesuksesan (Tri Sukses); yaitu sukses dalam ibadah, sukses dalam tarbiyah, dan sukses dalam pelayanan umat.

Sukses Ibadah

Bulan Ramadhan merupakan bulan dilipatkangandakannya pahala. Untuk itu, kita harus senantiasa meningkatkan ibadah fardhu dan nawafil seperti qiyamul lail, sholat rawatib, sholat dhuha, tilawah Al-Qur’an, dan dzikir. Rasulullah bersabda,

‘Barangsiapa yang melakukan qiyam di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat” (HR Muslim).

Jangan menyiakan kesempatan untuk berdoa demi kemaslahatan umat. Karena Allah mengabulkan doa orang yang sedang berpuasa.

Sukses Tarbiyah

Wahyu yang pertama diturunkan Allah melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah pada saat bulan Ramadhan di Gua Hira. Perintah yang terkandung di dalamnya tentang ber-Iqra’ yang mengajarkan manusia untuk membaca ayat kauniyah dan qauliyah.

Maka sudah saatnya umat Muslim memanfaatkan bulan Ramadhan untuk mentadabburi dan mempelajari kandungan Al-Qur’an serta mengajarkannya kepada orang lain. Mengazzamkan niat untuk menghidupkan Al-Qur’an di mana saja dan kapan saja.

Memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ibadah, memperbaiki akhlaqul karimah serta memperbanyak amal shalih. Insya Allah dengan hal tersebut peradaban Islam akan terlihat dan terwujud.

Sukses Pelayanan Umat

Puasa Ramadhan mengajarkan kita untuk meninggalkan maksiat. Di samping kita berusaha untuk memperbaiki diri dan meningkatkan ibadah, kita juga tidak boleh mengabaikan untuk mengajak orang lain dalam kebaikan. Inilah tugas manusia sebagai khalifah fil ardh. Dan di sinilah pentingnya pelayanan umat.

Sukses pelayanan umat dapat diimplementasikan dengan memberi layanan dakwah, memasang spanduk pengingat, mengoptimalkan sosial media untuk menyebarkan kebaikan, dan bersedekah kepada orang lain.

Demikian juga, memberi kemudahan kepada orang lain untuk dapat menunaikan kewajiban-kewajiban syari’at, seperti dalam pembayaran zakat dan yang lainnya. Menunaikan zakat, infaq serta shadaqah secara sungguh-sungguh dan tunaikanlah amanah umat kepada yang berhak menerimanya sebagaimana ketentuan Al-Qur’an. Dengan terlaksananya syari’at zakat, infaq serta shadaqah ini dapat membantu meringankan beban saudara-saudara yang kesulitan sekaligus membangun kembali keagungan dan kejayaan Islam.

Selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1443 H. Mari mengisi Ramadhan dengan amal-amal shalih. Semoga Allah berkenan memberikan derajat taqwa.