Cetak Instruktur Profesional, PP Mushida Selenggarakan ToT Bidang Pelayanan Umat Muslimat Hidayatullah

27 Januari 2023

Oleh : admin

mushida
Cetak Instruktur Profesional, PP Mushida Selenggarakan ToT Bidang Pelayanan Umat Muslimat Hidayatullah

Muslimat Hidayatullah (Mushida) sebagai organisasi pendukung Hidayatullah mendukung program mainstream Hidayatullah yaitu tarbiyah dan dakwah. Mushida di bawah bidang Pelayanan Umat memiliki program Training Parenting jenjang 1 dan 2 sebagai wadah pembinaan rumah tangga dan sekaligus mendukung Visi Mushida yaitu Membangun Keluarga Qurani menuju Peradaban Islam.

Untuk melaksanakan Training Parenting 1 dan 2 tersebut, maka diperlukan instruktur-instruktur untuk seluruh wilayah. Oleh karena itu, untuk menunjang program tersebut, maka PP Mushida melaksanakan program ToT (Training of Trainer) untuk Training Parenting jenjang 1 dan 2.

Selain itu, mengingat berkembangnya Rumah Qur’an Hidayatullah, tentunya para Muallimat perlu distandarkan. Standardisasi ini dilakukan melalui Dauroh Muallimat yang dilaksanakan di wilayah. Dauroh Muallimat perlu dilatih oleh para instruktur Dauroh Muallimat yang handal. Hal inilah yang menjadi landasan Mushida juga menyelenggarakan ToT Muallimat level 1.

Selain itu, Mushida juga aktif melakukan dakwah ke masyarakat. Olehnya, untuk memberikan bekal persiapan berdakwah, Mushida juga melakukan program Training Dasar Keislaman. Training Dasar Keislaman sangat diperlukan juga di daerah-daerah. Untuk membina para Ummahat dalam menyampaikan materi Dasar Keislaman, maka juga diperlukan instruktur.

Dengan banyaknya instruktur yang dibutuhkan untuk mendukung program-program Mushida, maka Bidang Pelayanan Umat PP Mushida menyelenggarakan  ToT Training Parenting jenjang 1, ToT Training Parenting jenjang 2, ToT Dakwah, dan ToT Muallimat Level 1 dengan tema “Mencetak Instruktur Dakwah yang Andal dan Profesional.”

Kegiatan ToT secara online dilaksanakan pada hari Jum’at-Ahad, 20-22 Januari 2023. Kegiatan ToT secara offline dilaksanakan pada hari Jum’at-Ahad, 26-29 Januari 2023 di Gedung Dakwah Hidayatullah, Cipinang Cempedak, Jakarta.

“Instruktur yang dihasilkan dari kegiatan ini harapannya menjadi Muallimat Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) sebagai unggulan Hidayatullah,” ucap Ustadzah Neny Setiawaty, M.Pd., Ketua Bidang Pelayanan Umat PP Mushida dalam sambutan yang disampaikan.

Dakwah adalah kebutuhan setiap orang. Bukan hanya berhenti setelah disampaikan kepada orang lain, tetapi diri kita juga membutuhkan dakwah tersebut. Demikian disampaikan oleh Ketua Umum PP Mushida, Ustadzah Hani Akbar, S.sos.I.

Lebih jauh, beliau berpesan untuk tetap semangat dalam menuntut ilmu pada kegiatan ini, “Tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu. Dakwah tidak bisa berdiri sendiri, tetapi harus bersinergi dengan berbagai pihak.”

Sedangkan Ustadzah Irawati Istadi, S.Ag, Anggota Majelis Penasihat Mushida menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ujung tombak dalam rekrutmen anggota Hidayatullah

“Semoga ToT kali ini dapat menghadirkan para ahli dan trainers yang dapat menggarap lahan dakwah. Jangan pernah berhenti belajar. Ilmu yang didapatkan harus diamalkan,” tuturnya.

ToT Bidang Pelayanan Umat dilaksakan dengan tujuan Mencetak Instruktur, Standardisasi Instruktur, dan Standardisasi materi Training Parenting di tingkat wilayah yang diikuti oleh 43 peserta dari seluruh Provinsi Indonesia.

Ketua Panitia ToT Bidang Pelayanan Umat, Ustadzah Ina Sriwahyuni mengucapkan apresiasi terhadap berbagai pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini.

Kegiatan ini dirangkai dengan Program Wakaf Sejuta Quran yang diadakan oleh Yayasan Quran Suara Hidayatullah dengan tagline “Menyebarkan Berjuta Quran Untuk Negeri.” Program ini diperuntukkan untuk kalangan yang membutuhkan dan berjalan atas donasi dan partisipasi umat Islam.

Acara ini terlaksana atas kerja sama Muslimat Hidayatullah dengan Baitul Maal Hidayatullah, Pos Da’i, Wakaf Qur’an Majalah Suara Hidayatullah, Am Badar & Am Badar, PT. Indo Trade Jaya Mandiri, Rumah Polonia, Ustadzah Elliya Noor, PT. Mulia Mandiri Nusantara, Santri Grafika, Orbit Telkomsel, Izaura, Melek Emas, dan Rosi Akhwat.*/