Rumah sebagai Prioritas Utama Muslimah Pejuang Peradaban

19 Desember 2020

Oleh : admin

mushida

JAKARTA – Ketua Wanita Ikatan Muslimin Malaysia (ISMA) Dr. Suriandi Sudi menjadi narasumber dalam webinar Series ketiga Muslimat Hidayatullah yang diadakan pada hari Sabtu, 5 Desember 2020. Bersama dengan Dr. (Cand.) Reny Susilowati, M.Pd.I (Ketua Umum PP Muslimat Hidayatullah), beliau membahas tema “Meneguhkan Integritas Muslimah demi Tegaknya Peradaban Islam.”

Webinar tersebut disaksikan oleh setidaknya dua ribu orang dari berbagai penjuru Indonesia dan Malaysia melalui penyiaran kanal youtube Hidayatullah ID dan TV Pertiwi Malaysia. 

Dalam pemaparannya, Ikatan Muslimin Malaysia menekankan urgensi memulai perjuangan dari rumah bagi Muslimah, demi menegakkan peradaban dan masyarakat Islam yang kuat. 

“Nasib sebuah bangsa bergantung kepada bagaimana ibu membentuk anak-anaknya. Nasib sebuah bangsa juga bergantung kepada macam mana istri menjadi istri yang solehah kepada suami. Jadi, rumah adalah nukleus masyarakat,” paparnya.

Kemudian peneliti dalam bidang hadits, psikologi dan pemuda ini mengulas kisah Sayyidah Khadijah r.a., dalam perannya sebagai pendamping hidup Rasulullah SAW. Termasuk kemampuan luar biasa Sayyidah Khadijah RA dalam menenangkan Rasulullah SAW, yang pulang dari gua Hira dengan perasaan takut selepas menerima wahyu pertama. 

Juga perjuangan Sayyidah Fatimah Az-Zahra RA sebagai istri yang mengurus pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan asisten, mulai dari mengadon roti sampai menimba air sumur, demi menjalin keluarga kokoh. Beliau juga mengutip kisah Al-Khansa Binti Amr, ibu bijaksana yang berhasil mendidik keempat putranya hingga menggapai gelar syahid secara bersamaan. 

Tidak hanya para shahabiah, ketua departemen al-Qur’an dan Sunnah di Selangor International Islamic University College (KUIS) tersebut juga mengulas kisah Tan Sri Hajah Zainon Binti Munshi Sulaiman (1903-1989), seorang pejuang wanita modern asal Malaysia. 

Wanita yang dikenal dengan panggilan Ibu Zain tersebut tidak hanya berhasil mendirikan berbagai macam institusi pendidikan mulai dari tingkat sekolah sampai perguruan tinggi, berdakwah ke berbagai kalangan, dan melawan komunis, tapi juga berhasil mendidik anak-anaknya menjadi pribadi sukses. Melihat pentingnya memprioritaskan keluarga bagi Muslimah, wanita ISMA bahkan mengusung motto “Perjuangan Bermula dari Rumah” sebagai pedoman organisasinya. 

Webinar ini adalah satu dari berbagai aktivitas yang diadakan untuk menyemarakkan penyambutan Munas V Muslimat Hidayatullah. Mushida akan menggelar Musyawarah Nasional V secara virtual pada 26-27 Desember 2020. Perhelatan akbar ini akan diikuti oleh peserta dari 33 titik di berbagai provinsi, dan berpusat di Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Kota Depok, Jawa Barat.*/Fadhilah AAA