Pengurus Mushida Siap Jalin Sinergi Dengan Pesmadai

20 September 2021

Oleh : Admin Mushida

mushida
Pengurus Mushida Siap Jalin Sinergi Dengan Pesmadai

Keputrian PP Muslimat Hidayatullah mengadakan silaturahmi dan menjalin sinergi bersama pengurus Pesmadai pada 19 September 2021. Pesmadai (Pesantren Mahasiswa Da’i/Da’iyah) adalah wadah pembinaan yang diharapkan melahirkan peserta didik yang tinggi ilmu, kokoh imannya, luas amalnya, mulia akhlaknya, cinta negeri serta menjadi perekat ukhuwah. Sebagaimana diketahui, Pesmadai secara organisasi disahkan pada Munas Pemuda Hidayatullah adalah sebagian Amal Usaha PP Pemuda Hidayatullah. Saat ini, terdapat beberapa cabang di Jakarta dan di luar Jawa.

Bertempat di kantor pusat Pesmadai, Citayam, Depok, silaturahmi tersebut dihadiri oleh Pengurus Pusat Pesmadai, Kadep Organisasi PP Mushida, Kadep Keputrian PP Mushida, Keputrian PW DKI, dan Bendahara PW DKI.

Dalam hal ini, Direktur Pusat Pesmadai Ahmad Muzakki, memberikan respon yang sangat baik atas kedatangan Pengurus Mushida dan memberikan peluang kepada Mushida untuk bersama-sama bersinergi dalam melakukan pembinaan khususnya ke Pesmadaiyah.

“Pembinaan bisa dimulai dari silaturrahim melakukan pendekatan di awal atau sarasehan bincang santai terlebih dahulu. Mengingat sebagian mahasiswi telah terinternalisasi oleh organisasi lembaga yang tersedia di kampus-kampus mereka,” ungkap Ahmad Muzakki.

Tiga hal yang ditawarkan untuk pesamadaiyah ialah konsep pendidikan sebagai daya tarik untuk mahasiswi, konsep kaderisasi, dan semi fundraising (pendanaan dengan menggratiskan mahasiswa/i.

Jumlah santri Pesmadaiyah saat ini sebanyak 49 Mahasiswi. Pesmadaiyah memiliki tiga asrama yang berlokasi di Ciputat, Semanggi, dan rumah seorang Ustadzah di Depok.

Harapannya, apabila Mushida sudah siap mengelola secara penuh dalam mendampingi pesma daiyah dari berbagai aspek, maka pengurus Pesmadai akan fokus  di ikhwannya saja. Namun apabila belum memungkinkan, maka pengurus Pesmadai akan tetap mengelola program ini melalui musyrifah yang telah disediakan. Adapun untuk pembinaan atau kaderisasi tetap dilakukan Mushida di hari libur mereka yaitu pada hari Sabtu dan Ahad pada pekan pertama dan ketiga.

Semoga jalinan kerja sama ini bisa memperkokoh dakwah keummatan bagi mahasiswi yang sudahh terbina, dan memperluas kiprah Keputrian Muslimat Hidayatullah di masa mendatang. Aamiin.