Departemen Keputrian PP Mushida Hadirkan Webinar “Being A Wonderful Muslimah in Digital Era”

14 Agustus 2022

Oleh : admin

mushida
Departemen Keputrian PP Mushida Hadirkan Webinar “Being A Wonderful Muslimah in Digital Era”

(mushida.org) Halaqah Tarbiyah Mancanegara dan Departemen Keputrian PP Muslimat Hidayatullah menghadirkan webinar bertajuk “Being A Wonderful Muslimah in Digital Era” yang dilaksanakan pada 07/08/2022 secara virtual.

Perempuan adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat mulia. Agama Islam meninggikan derajat seorang perempuan.

Untuk menjadi seorang muslimah yang wonderful, maka kita harus meresepon positif terhadap semua keadaan yang terjadi, karena semua akan berdampak pada masa depan seseorang.

Demikian dikatakan oleh narasumber, Ida S. Widayanti pada acara yang diikuti oleh kader Keputrian dari mancanegara dan seluruh provinsi di Indonesia.

“Salah satu kuncinya yaitu menemukan alasan positif di balik peristiwa yang terjadi. Yaitu dengan berprasangka baik terhadap Allah. Karena Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya,” jelasnya.

Begitu banyak konten yang tersaji di media sosial, ada konten positif ada pula konten negatif. Semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya. Apakah kita akan mengambil sisi positif atau negatifnya.

Menurutnya, dalam dunia digital ini, banyak orang yang belum memahami pemakaian gadget dan  media sosial. Pegiat parenting ini menampilkan gambar tentang satu keluarga yang duduk dalam satu tempat, namun semuanya asyik dengan gadget masing-masing. Gambar selanjutnya menayangkan seorang ibu yang tampak serius bermain gadget sedangkan anak balitanya dibiarkan duduk di bawahnya. Hal ini berbanding terbalik dengan gambar lainnya yang menunjukkan simpanse yang mendekap anaknya di dadanya dan menatapnya dengan penuh kasih sayang.

“Bagaimana tanggapan teman-teman melihat gambar-gambar ini? Ya, sangat miris dan memilukan. Dari gambar ini dapat disimpulkan bahwa ketika seseorang tidak bijak dalam menggunakan gadget, maka ia lebih rendah daripada hewan,” ungkapnya

Penulis buku Mendidik Karakter Dengan Karakter ini juga memaparkan bagaimana tips sukses menggunakan gadget. Dalam kehidupan ada banyak jalan, jalan menuju hal yang positif dan negatif. Gadget seperti kendaraan yang akan membawa kita menuju suatu tempat atau tujuan. Tentu saja agar selamat sampai tujuan, kita harus kursus menyetir hingga memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) dan layak mengemudi.

“Sama halnya dengan gadget, sebelum menggunakannya, kita harus belajar berbagai hal tentang baik buruknya hingga mendapat izin dan layak untuk memegang gadget,” jelasnya.

Teknologi yang ada saat ini harus dimanfaatkan dengan baik. Di antara manfaat teknologi digital ialah sebagai sumber informasi, membangun kreativitas, alat komunikasi, pembelajaran jarak jauh, membangun jejaring sosial, mendorong pertumbuhan usaha, dan pelayanan publik.

“Yang tak kalah penting, wonderful muslimah harus high energy. Jika daya sudah habis maka harus mengisi daya dengan selalu berpikir positif, beribadah, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Allah,” imbuhnya.

Dalam hidup seringkali kita mengalami masalah seperti mental illness, insecure, overthinking. Untuk itu, seseorang harus memiliki pemandu seperti mercusuar di tengah laut yang sigap mengawal sebuah kapal yang mengalami badai besar. Pemandu atau cahaya yang menunjukkan jalan yang baik dengan cita-cita tertinggi masuk surga.

“Semoga dengan materi kali ini dapat memotivasi seluruh kader keputrian baik di mancanegara maupun tanah air untuk bisa menjadi wonderful muslimah, bijak dalam menggunakan media sosial, hingga bisa menjadi muslimah yang bermanfaat bagi umat,” tutur Ketua Departemen Keputrian PP Mushida, Mutiah Najwati.