Majelis Murobbiyah Pusat Mushida Adakan Daurah Murobbiyah Wustha Nasional II

08 Agustus 2022

Oleh : admin

mushida
Majelis Murobbiyah Pusat Mushida Adakan Daurah Murobbiyah Wustha Nasional II

Organisasi Muslimat Hidayatullah (Mushida) adalah aset ummat Islam yang memiliki visi mulia Membangun Keluarga Qur’ani Menuju Peradaban Islam. Mengusung visi besar dan mulia tersebut memerlukan usaha maksimal.

Dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja yang ikhlas dari semua kader dakwah (daiyah) Muslimat Hidayatullah dalam menyebarkan dan menebarkan nilai-nilai Qur’ani di tengah –tengah heterogenitas masyarakat.

Untuk itu, Majelis Murabbiyah Pusat Muslimat Hidayatullah menyelenggarakan Daurah Murobbiyah Nasional II dengan mengusung tema: “Meningkatkan Kompetensi dan Meneguhkan Jatidiri Daiyah Menuju Sukses Tarbiyah dan Dakwah Untuk Kebaikan Semesta” pada 5-6 Agustus 2022/6-7 Muharram 1444 H di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jalan Cipinang Cempedak, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh daiyah perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia.

Allah berfirman, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-Mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl: 125)

Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk menstandardisasi Daiyah Muslimat Hidayatullah dengan target Daiyah Muslimat Hidayatullah mendapat shibghah langsung dari para Instruktur dari Hidayatullah.

“Setelah mengikuti dauroh ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas dan kompetensi daiyah Muslimat Hidayatullah, sehingga mereka dapat semakin menguatkan peran dakwahnya di tengah masyarakat dalam membangun masyarakat kebangsaan yang berkarakter Qur’ani,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Zahratun Nahdhah.

Daurah Murobbiyah Nasional II dirangkai dengan kegiatan Jalin Ukhuwah Daiyah Nasional yang bertajuk “Merajut Ukhuwah Meneguhkan Jatidiri Daiyah” pada 07/08/2022.

Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk menguatkan jalinan ukhuwah bagi para Daiyah Provinsi di Indonesia, sebagai salah satu modal utama dalam mencapai suatu imamah jamaah yang diridhai Allah Ta’ala. 

Dalam kegiatan ini, Muslimat Hidayatullah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk penyediaan armada bus Trans Jakarta sebanyak 4 bus untuk 150 peserta.

Rangkaian Jalin Ukhuwah Daiyah Nasional diawali dengan berbagi pengalaman daiyah setelah sholat subuh bersama pendamping dari Majelis Murobbiyah Pusat.

Kegiatan dilanjutkan dengan city tour napaktilas situs-situs bersejarah di Jakarta dimulai berkunjung ke Jakarta International Stadium (JIS), selanjutnya Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, hingga Kota Tua Jakarta.

Sebagai informasi, JIS diresmikan oleh Pemprov DKI pada 19 April 2022. JIS menjadi sorotan masyarakat ketika sukses menyelenggarakan sholat Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Monumen Nasional atau yang disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Sedangkan Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini merupakan kebanggaan bangsa Indonesia. Adapun Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama, adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat

“Dengan kegiatan ini, semoga dapat mempererat ukhuwah, membangun komunikasi positif dan menguatkan spirit dalam berdakwah,” ucap Nur Iryani sebagai Steering Comitee Panitia Penyelenggara.