PP Mushida Selenggarakan Training of Trainer untuk Training Parenting I dan Training Bina Aqidah

04 September 2022

Oleh : admin

mushida
PP Mushida Selenggarakan Training of Trainer untuk Training Parenting I dan Training Bina Aqidah

Dengan tersebarnya Mushida hampir seluruh daerah di Indonesia, maka Mushida berkewajiban memberikan tarbiyah untuk para ummahat dalam membina rumah tangganya. Mushida memiliki program Training Parenting I sebagai wadah pembinaan rumah tangga dan sekaligus mendukung Visi Mushida yaitu Membangun Keluarga Qurani menuju Peradaban Islam.

Oleh karena itu, untuk menunjang program tersebut, maka Mushida melaksanakan program ToT (Training of Trainer) untuk Training Parenting I. ToT Training Parenting I untuk mencetak Instruktur Training Parenting 1 di semua wilayah dan daerah di Indonesia.

Selain itu, untuk memberikan bekal persiapan berdakwah, Mushida juga melakukan program Training Bina Aqidah. Training Bina Aqidah sangat diperlukan juga di daerah-daerah. Untuk membina para Ummahat dalam menyampaikan materi Bina Aqidah, maka diperlukan instruktur. Oleh karena itu, perlu diadakan ToT Training Bina Aqidah.

Untuk itu, Bidang Pelayanan Umat PP Muslimat Hidayatullah bekerja sama dengan Baitul Maal Hidayatullah menyelenggarakan program ToT (Training of Trainer) untuk Training Parenting I dan Training Bina Aqidah pada 3-4 September 2022/6-7 Shafar 1444 H di Kantor PP Muslimat Hidayatullah, Cipinang, Jakarta. Kegiatan yang diikuti oleh Pengurus Pusat Mushida ini bertajuk “Membina Instruktur Tingkat Pusat untuk Mensukseskan Program Tarbiyah dan Dakwah Menuju Peradaban Islam.”

Allah berfirman

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

Dakwah dengan menyerukan kebaikan harus dilakukan setiap muslim. Banyak rintangan yang dihadapi dalam berdakwah, maka harus dihadapi dengan sabar.

“Kita sudah mendapatkan teori yang banyak, maka saatnya kita mengamalkan semua ilmu yang didapatkan. Ilmu tersebut bukan untuk dinikmati sendiri tetapi harus dibagikan ke orang lain sebagai pertanggungjawaban,” ucap Ketua Umum PP Mushida, Hani Akbar, dalam sambutannya.

Lanjutnya, untuk menyampaikan dakwah diperlukan bekal ilmu, amalan, dan keimanan. Tingkatan dakwah ada empat, yaitu jihad melawan hafa nafsu, jihad melawan bisikan syaitan, jihad melawan orang kafir, dan jihad melawan kezhaliman.

Metode pada kegiatan ini adalah presentasi dan diskusi. Peserta ToT tingkat pusat memaparkan materi dengan waktu presentasi 45 menit. Setelah pemaparan materi, peserta membuka diskusi terkait materi. Diskusi berlangsung 15 menit. Setelah presentasi dan diskusi materi, peserta akan mendapat masukan dari Instruktur Nasional.

“Terima kasih banyak kepada peserta yang telah mempersiapkan dalam membawakan materi. ToT Training Parenting I untuk mencetak Instruktur Training Parenting 1 di semua daerah. Dengan adanya Training Parenting yang dilaksanakan pada setiap daerah nantinya diharapkan dapat mewujudkan generasi Qur’ani dalam keluarga,” ungkap Ketua Bidang Pelayanan Umat PP Mushida, Neny Setiawaty.