Tingkatkan Kesolidan Tim Dalam Kepengurusan, PP Mushida Selenggarakan Webinar Team Building

05 Februari 2023

Oleh : admin

mushida
Tingkatkan Kesolidan Tim Dalam Kepengurusan, PP Mushida Selenggarakan Webinar Team Building

Team building adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerja sama antar anggota yang ada di dalam sebuah organisasi. Dalam sebuah organisasi, team building ini bermanfaat agar kinerja sumber daya manusia yang ada bisa semakin efektif karena kerja sama mereka meningkat.

Untuk itu Departemen Organisasi mengadakan Webinar Team Building pada 04/02/2023. Webinar yang diikuti oleh lebih dari 530 partisipan ini diikuti oleh kader dan pengurus Muslimat Hidayatullah yang terdiri dari Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah hingga Pengurus Cabang.

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash-Shaff: 4)

“Pada realitanya, kita lebih mudah menemukan kekurangan dan kesalahan orang lain, sulit berkomunikasi dengan banyak orang, dan hanya nyaman dengan beberapa orang saja,” ucap Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah, Ust. Asih Subagyo sebagai Keynote Speaker.

Lebih penting lagi, jika kita hidup berjama’ah, meskipun menghadapi kesulitan dan musuh yang besar, kita dapat menyelesaikannya.

“Kerja sama tim memiliki peranan penting bagi organisasi dan setiap individu di dalamnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kerja sama dapat meningkatkan semangat dan produktivitas dalam pekerjaan,” paparnya.

Ada orang yang bergabung dengan organisasi karena manipulasi. Ada pula yang bergabung dengan organisasi karena transaksional. Fakta penelitian menyebutkan bahwa pemimpin pada umumnya hanya mampu menggunakan 66% kemampuan tim kerjanya.

Demikian disampaikan oleh Ust. Muzakkir sebagai narasumber pada Webinar Team Building.

Lanjutnya, sebagai seorang pemimpin, sudah seharusnya ia menggali “strong why” pada setiap peristiwa yang terjadi. Mengapa ada Hidayatullah, mengapa Muslimat Hidayatullah hadir, dan sebagainya.  Jika ia sudah menemukan jawaban dari “strong why”, hal tersebut akan mempengaruhi cara dia bersikap dalam berorganisasi.

Selain itu, komunikasi produktif juga penting untuk dibangun. Komunikasi yang terjalin saat melakukan pekerjaan akan lebih baik sehingga dapat menghindari perselisihan.

“Yang harus dilakukan oleh pemimpin adalah melakukan perencanaan sumber daya insani. Ketika ada kesalahan yang dilakukan salah satu tim kerja, maka pemimpin harus memberikan proteksi dan membantu menyelesaikannya, bukan malah menyalahkan satu pihak,” paparnya.

“Team Building merupakan salah satu dasar pengembangan organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien,” sebut Ketua Bidang Organisasi, Ustadzah Dede Agustina.

Sedangkan Ketua Departemen Organisasi, Ustadzah Hapseni mengatakan bahwa team building juga dapat meningkatkan keakraban antar pengurus sehingga mereka menjadi lebih solid dan saling mengerti satu sama lain.