PD Mushida Depok Selenggarakan Halaqah Gabungan

09 Juni 2023

Oleh : admin

mushida
PD Mushida Depok Selenggarakan Halaqah Gabungan

(Depok, mushida.org) PD Muslimat Hidayatullah Depok menyelenggarakan kegiatan Halaqah Gabungan pada Jum’at, 9 Juni 2023.

Ketua Majelis Penasihat Muslimat Hidayatullah, Ustadzah Sabriati Aziz membawakan tausyiah dengan tema “Peliharalah Dirimu dan Keluargamu” dalam kegiatan yang bertempat di halaman TK Yaa Bunayya Hidayatullah Depok.

Keluarga adalah institusi penting untuk membangun sebuah peradaban.

“Keluarga adalah faktor penentu kebahagiaan seseorang. Untuk itu, penting sekali membangun kenyamanan dalam keluarga,” terangnya.

Lanjutnya, dunia saat ini sedang krisis adab. Hal ini dapat dilihat dari berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

“Keluarga yang beradab adalah keluarga yang sangat didambakan oleh semua orang,” imbuh Doktor lulusan Universitas Ibn Khaldun ini.

Allah berfirman

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

Berlandaskan firman Allah tersebut, dalam salah satu tafsir menyebutkan bahwa keluarga yang terbebas dari api neraka adalah keluarga yang mendidik dengan adab dan mengajarkan dengan ilmu.

“Penguatan adab harus dilakukan di lingkungan keluarga dan sekolah. Tidak cukup dengan pembiasaan namun juga perlu penguatan,” tegasnya.

Di antara beberapa indikator keluarga yang terbebas dari api neraka ialah seorang hamba yang memiliki ilmu, rajin berdoa, beristigfar, berdizikir, dan mengerjakan sholat.

“Terakhir, hal yang perlu kita ketahui bersama bahwa salah satu syarat agar keluarga terbebas dari api neraka adalah memiliki sosok ibu yang shalihah sebagai madrasah pertama dalam keluarga,” pungkasnya.

Acara Halaqah Gabungan yang rutin dilaksanakan oleh PD Mushida Depok ini selain sebagai majelis menuntut ilmu, juga sebagai ajang silaturahmi dan mempererat sesama anggota halaqah Muslimat Hidayatullah.*/Ars