Perkuat Sistem Pendataan Organisasi, Muslimat Hidayatullah Selenggarakan Pelatihan SISTAHID

06 Juli 2023

Oleh : admin

mushida
Perkuat Sistem Pendataan Organisasi, Muslimat Hidayatullah Selenggarakan Pelatihan SISTAHID

(Jakarta, mushida.org) Dalam rangka memperkuat basis data dengan menggunakan sistem yang lebih baik, Departemen Organisasi Muslimat Hidayatullah bersinergi dengan Kabid Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah menyelenggarakan Pelatihan Sistem Pendataan Hidayatullah pada 6 Juli 2023/17 Dzulhijjah 1444 H di Gedung Pusat Dakwah DPP Hidayatullah, Cipinang, Jakarta.

Pelatihan dengan tema “Melalui SISTAHID Mewujudkan Tertib Administrasi dan Transformasi Digital Organisasi” ini diselenggarakan secara hybrid. Peserta offline dihadiri oleh Pengurus Pusat, Majelis Murobbiyah Pusat, Pengurus Inti Wilayah Jawa Barat, Pengurus Inti Wilayah DKI Jakarta, dan Pengurus Inti Wilayah Banten. Adapun peserta online terdiri dari Pengurus Wilayah di 34 provinsi Indonesia.

Basis data mempermudah kerja sebuah organisasi dalam mencapai target, menentukan langkah kerja dan penerapan standardisasi manajemen ataupun anggota di setiap wilayah dan daerah yang berada di bawahnya.

“Basis data merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah organisasi. Tanpa basis data, informasi yang didapatkan tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Pelatihan kali ini menjadi titik awal keberlangsungan pendataan agar semakin professional di organisasai Muslimat Hidayatullah,” tutur Ketua Umum PP Mushida, Ustadzah Hani Akbar, dalam sambutannya.

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah menyebutkan bahwa pencatatan anggota yang teroganisir melalui Sistahid atau Sistem Informasi Keanggotaan Hidayatullah. Sistahid dapat mempermudah pengelolaan anggota dan organisasi di berbagai aspek.

“Penting dalam melakukan transformasi digital karena merupakan perubahan perilaku umat, kompetisi yang semaki ketat, dan sebagai inovasi dan adaptasi teknologi,” sebut Ustadz Asih Subagyo dalam materi yang dipaparkan.

Faktor kunci sukses Sistahid di antaranya ialah adanya kepemimpinan yang kuat, partisipasi anggota yang aktif, dan infrastruktur teknologi yang tepat serta memadai.

Ketua Panitia Penyelenggara, Ustadzah Hapseni mengatakan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk mempermudah kerja organisasi berbasis database dan tercapainya fungsi serta target administrasi organisasi yang rapi dan update.

“Alhamdulillah, akhirnya program ini hadir juga. Setelah Sistahid versi 1 berakhir, maka Sistahid terbaru ini sesuatu yang sangat ditunggu untuk mewujudkan tertib administrasi organisasi melalui pendataan anggota yang tersistem dengan baik. Selain itu, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena dimotori oleh kader muda Hidayatullah. Kami PW Mushida Kalimantan Timur sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan secara offline,” ucap Ustadzah Erni Kartika, peserta PW Mushida Kalimantan Timur.