Muslimat Hidayatullah Ikuti Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah

11 Oktober 2023

Oleh : admin

mushida
Muslimat Hidayatullah Ikuti Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah

(Jakarta, mushida.org) – Badan Musyawarah Islam Wanita Indonesia (BMIWI) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Sakinah Finance, mengadakan acara Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah disingkat dengan SICANTIKS Batch 2 di Harris Vertu Hotel Harmoni, Jakarta Pusat pada 10 Oktober 2023.

Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia, khususnya bagi para muslimah.

Peserta yang hadir di tempat sebanyak 1000 orang dan 200 peserta yang mengikuti secara daring yang terdiri dari pimpinan, pengurus, penceramah (mubalighah dan ustadzah) serta perwakilan anggota aktif kelompok Majelis Taklim serta Organisasi Massa Nasional Muslimah yang berlokasi di Jakarta.

Turut hadir di acara SICANTIKS Batch 2 ialah Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta, Direktur Manajemen Strategi dan Kemitraan Pemerintah Daerah Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, serta Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen (KE PEPK) OJK, Friderica Widyasari Dewi.

Peserta yang berjumlah 1000 orang di antaranya terdiri dari perwakilan dari Organisasi Wanita Islam yaitu Muslimat Hidayatullah, Salimah, Talim Al Ikhlas, DPP Al hidayah, MT Baitus Salam Pasar Minggu, Aisyah DKI Jakarta, Aisyah PCA Tugu, Al Hidayah, Al Irsyad Al Islamiyyah Depok, Aliansi Perempuan Peduli Indonesia, Alisha Khadijah, Anggota Koperasi Kemensos, Anggota Muslimat Mathlaul Anwar, Angkatan Putri Alwashliyah, Aromil Jakbar, BKMM, BKMT, Daiyat Parmusi, Bunda Sholiha Kota Bekasi, Bundo Kandung Tangsel, DPP Al Hidayah.

PP Muslimat Hidayatullah, anggota Muslimat Hidayatullah Jakarta, Depok dan sekitarnya yang berjumlah 50 orang berkesempatan hadir memenuhi undangan pada kegiatan tersebut.

“Ibu ibu yang hadir di sini adalah ibu ibu pejuang. Dengan memahami literasi ini kita bisa lebih peduli dengan masyarakat sekitar,” tutur Presidium BMIWI, Nurul Hidayati, S.S., MBA dalam sambutannya.

Beliau juga mengimbuhkan bahwa BMIWI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjalin ukhuwah menuju bangsa yang kuat dan tidak terpecah belah.

Sedangkan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen (KE PEPK) OJK Friderica Widyasari Dewi menyampaikan bahwa pemberdayaan perempuan melalui literasi keuangan, kesejahteraan finansial, pemberdayaan finansial, dan inklusi keuangan.

“If you educate a man, you educate an individual. But if you educate a woman, you educate a nation” imbuh Frederica memberi motivasi kepada peserta.

Tak hanya itu, di acara SICANTIKS dilakukan Penandatanganan Deklarasi Perempuan/Ibu untuk siap mendukung, berkolaborasi, dan berperan aktif untuk meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah bersama OJK.

Dalam kesempatan ini juga diadakan Penyematan Selempang Duta Literasi Perempuan Keuangan Syariah oleh KE PEPK, Friderica Widyasari Dewi kepada 5 orang, di antaranya Ustadzah Hani Akbar (PP Muslimat Hidayatullah).  Hajjah Mirna Rafki (Majelis Muslimah Andalusia), Ustadzah Sinta Santi Usmandin (PP Salimah), Hajjah Lea Sri Endari Irawan (Kemanusiaan ESQ), Ustadzah Hj Latifah Abdussomad (Yayasan Rumah Bunda).

Semoga acara ini bisa menambah wawasan bagi para ibu sebagai Menteri keuangan keluarga untuk menentukan tujuan keuangan bersama membantu keluarga merencanakan masa depan secara lebih baik, membedakan antara kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang seperti pendidikan anak atau memiliki rumah, dan menyusun rencana keuangan yang sesuai.