Peringati HSJD: Mushida Luwu Utara Bagikan Jilbab Untuk Muslimah Muallaf

29 September 2024

Oleh : admin

mushida
Peringati HSJD: Mushida Luwu Utara Bagikan Jilbab Untuk Muslimah Muallaf

Hari Solidaritas Jilbab Dunia (HSJD) yang diperingati setiap bulan September merupakan hari di mana kita sebagai umat Islam menunjukkan rasa kepedulian dan solidaritas kepada saudara seiman kita di belahan bumi lain yang mendapatkan perlakuan tidak baik karena menggunakan dan mempertahankan hijabnya. Selain itu, sebagai bentuk kebanggaan dan kesatuan umat Islam, khususnya muslimah di dunia.

Salah satu sebab yang melatarbelakangi HSJD ini adalah adanya diskriminasi yang dilakukan terhadap muslimah berhijab di beberapa negara, bahkan ada yang sampai melarang muslimah untuk mengenakan hijabnya. Penetapan tanggal 4 September sebagai Hari Solidaritas Jilbab Dunia merupakan rencana aksi untuk tetap membela hak muslimah dalam mempertahankan busana takwa mereka.

Hari Solidaritas Jilbab Internasional diperingati setiap tanggal 4 September setiap tahunnya. Solidaritas Hijab Internasional dilatarbelakangi oleh keputusan negara Prancis yang melarang penggunaan hijab di Eropa untuk pertama kalinya, yang diperkuat dengan kematian Marwa El-Sherbini, seorang ibu rumah tangga yang dibunuh ketika akan memberikan kesaksian mengenai penghinaan yang diberikan kepadanya karena mengenakan hijab, pada Juni 2009.

Dalam skala nasional bahkan mendunia, Muslimat Hidayatullah Luwu Utara ikut mendukung penuh kegiatan HSJD dengan mengajak para orang tua dan wali santri TK-SMA serta para jama’ah simpatisan dalam pengadaan jilbab hingga terkumpul sebanyak 284 jilbab, saling membantu dalam mengangkat isu kesetaraan hak muslimah dalam hal berhijab, melaksanakan syariat Allah sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Ahzab: 59.

“Wahai Nabi (Muhammad), katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin supaya mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam kesempatan ini, Mushida Luwu Utara membagikan jilbab sebanyak 284 buah kepada muslimah muallaf tepatnya di Kampung Rante Paccu, Kec. Sabbang Kab. Luwu utara pada kegiatan HSJD dengan tema “Hijab Cerminan Kepribadian” ini.

Tidak hanya dilaksanakan di Kab. Luwu Utara, melainkan dilaksanakan serentak di 34 wilayah perwakilan Muslimat Hidayatullah yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menambah keistiqomahan dalam berhijab. Jika sebuah kebaikan diangkat bersama-sama oleh kaum muslimin dan muslimat, maka kebaikan itu akan menjadi rahmat bagi alam semesta.*/Mushida Luwu Utara