Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru PAUD Muslimat Hidayatullah Tahap 2

24 Mei 2023

Oleh : admin

mushida
Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru PAUD Muslimat Hidayatullah Tahap 2

Muslimat Hidayatullah saat ini telah memiliki 245 PAUD yang tersebar di seluruh wilayah IndonesiaPendidikan pada fase kanak-kanak memiliki peranan yang sangat penting  dalam membentuk karakter dan kepribadian seorang anak. Oleh karena  itu penanganan pendidikan pada anak usia dini sebaiknya dilakukan secara  professional. Selain itu, keberhasilan pendidikan anak usia dini ini menuntut peran dari berbagai pihak.

Departemen Pendidikan bersama Badan Pengembangan Mutu PAUD Muslimat Hidayatullah melakukan berbagai upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan dan mutu PAUD. Salah satunya yaitu pelaksanaan Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru PAUD.

Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru PAUD Tahap 2 ini merupakan lanjutan dari pelatihan tahap 1 yang telah dilakukan di Yogyakarta pada tanggal 20-22 Oktober 2022 lalu. Jika pada tahap 1 materi pelatihan yang diberikan adalah penguatan dan pemahaman akan landasan tauhid dan falsafah yang  benar dalam pendidikan, maka ditahap 2 ini merupakan implementasi dari materi tahap 1.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila bekerja, mengerjakannya secara profesional.”  (HR. Thabrani)

Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru PAUD Tahap 2 diselenggarakan di Kampus Utama Hidayatullah Surabaya dengan tema “Implementasi KIBT dalam Proses Pembelajaran” pada Senin-Kamis, 22-25 Mei 2022/ 2-5 Dzulqaidah 1444 H.

“Ditempatkan tugas di mana saja harus ikhlas dengan mengharapkan ridho Allah. Meski Ummahat memiliki profesi yang beragam, namun kedudukannya sama di mata Allah, yang membedakan hanya iman dan takwa,” ungkap Ust. Muhammad Ali. SE, M.M dalam sambutannya mewakili Ketua DPW Hidayatullah Jawa Timur Ust. Amun Rowi.

Lanjutnya, pejuang sejati adalah mereka yang berani tampil menghadapi tantangan dan memberikan solusi umat.

“Dalam berjuang menjalankan amanah yang diberikan, kita harus fokus, totalitas, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas. Dengan demikian insya Allah akan ada karya yang bisa ditinggalkan,” sebut Bendahara DPW Hidayatullah Jawa Timur ini di hadapan peserta pelatihan.

Sedangkan Sekretaris Jenderal PP Mushida dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa pelatihan ini dapat menjadi bekal dan memberikan solusi bagi Kepala Sekolah dan Guru PAUD.

“Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan seluruh sekolah PAUD Mushida tidak bingung dengan kurikulum yang sering berganti, karena kurikulum KIBT merupakan solusi,” tutur Ustadzah Sarah Zakiyah.

Salah satu dari tujuan pelakasanaan pelatihan ini ialah Standardisasi layanan dan mutu PAUD.

Semoga tujuan dan target dari pelatihan yang diselenggarakan dapat tercapai sehingga Muslimat Hidayatullah dapat berkhidmat untuk umat khususnya dalam bidang pendidikan.